Connect with us

Politik

Tito Optimis Kampanye Pilkada Bebas Penularan Covid-19

Merdekanews.Co.Id – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian optimis jejak kampanye Pilkada serentak yang akan datang di bulan Desember akan bebas dari penularan COVID-19 meskipun ada laporan tentang kandidat yang melanggar protokol kesehatan dan seruan masyarakat untuk menunda acara. “kampanye akan berjalan lancar, aman dan bebas dari COVID-19, “kata Tito,  seperti dilansir kompas.com.

Ia menambahkan, kampanye tersebut bahkan akan membantu penanganan COVID-19 di seluruh negeri selaku Komisi Pemilihan Umum (KPU). telah mengizinkan calon untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) dan pembersih tangan sebagai alat peraga kampanye. KPU juga telah menetapkan mitigasi COVID-19 sebagai tema utama debat publik calon. “

Bayangkan jika masing-masing dari 723 calon membagikan 100.000 APD kepada publik – akan ada lebih dari 70 juta APD yang didistribusikan. Saya yakin itu bisa menurunkan penularan COVID-19 selama masyarakat menggunakan [APD], ”kata Tito.

KPU belum lama ini merevisi Peraturan (PKPU) tentang penyelenggaraan Pilkada selama pandemi COVID-19 yang secara resmi melarang acara kampanye yang akan menarik massa di tengah meningkatnya kekhawatiran akan meningkatnya penularan di seluruh negeri

Banyak Parpol telah memberi tahu calonnya untuk memprioritaskan kampanye virtual dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Meski ada laporan tentang kandidat yang melanggar protokol kesehatan, kampanye minggu pertama untuk pemilu mendatang berjalan lancar, klaim Tito. Dia mengatakan jumlah kesehatan Pelanggaran protokoler tidak sebanyak pada awal September ketika lebih dari 100 kandidat membawa rombongan besar bersama mereka saat mendaftar untuk pemilihan.

“Kami hanya perlu tetap konsisten [dalam mengikuti protokol kesehatan] sampai akhir pemilihan,” tambahnya. Muncul seruan dari berbagai organisasi dan aktivis agar pemerintah menunda pemilihan umum ctions, dijadwalkan berlangsung pada 9 Desember di 270 wilayah di seluruh nusantara, dan memprioritaskan kesehatan masyarakat menyusul lonjakan penularan virus corona yang terus-menerus. (thejakartapost)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement